Berikut ini adalah berkas Buku SMK TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan olehKementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Buku SMK TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2
Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku SMK TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2:
Buku teks pelajaran ini digunakan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student-centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.
Buku teks Sistem Operasi Jaringan ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.
Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringanini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.
Deskripsi
Sistem Operasi Jaringan merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Paket keahlian ini adalah bagian dari program studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Berdasarkan struktur Kurikulum 2013 mata pelajaran ini diberikan pada kelas XI semester 1, 2 dan kelas XII semester 1.
Secara umum ada 5 langkah yang tercantum dalam metode pembelajaran saintifik ini, yakni mengamati, menanya (hipotesis). Pada saat mengamati siswa diharapkan dapat menunjukkan kesungguhan dan ketelitiannya dalam menggali informasi yang terkait dengan materi yang akan dipelajari. Pada saat menanya siswa diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas, rasa ingin tahu, dan berpikir kritis untuk merumuskan pertanyaannya. Kegiatan bertanya ini selain untuk merumuskan pertanyaan juga dilakukan pengumpulan informasi/materi terkait dengan pelajaran saat ini.
Selanjutnya pada tahap menalar, siswa diharapkan dapat secara teliti, jujur, disiplin, taat aturan, kerja keras dan mampu bekerja sesuai prosedur dan berpikir induktif serta deduktif dalam menarik kesimpulan dari permasalah/materi yang dipelajari. Pada tahapan pembentukan jaringan ini dilakukan dengan berkomunikasi. Komunikasi dilakukan dengan menyampaikan hasil pengamatan hingga kesimpulan yang didapat dari pembelajaran kepada siswa lainnya baik secara lisan, tertulis atapun melalui media lainnya. Sikap yang ingin dikembangkan pada siswa terkait dengan pembentukan jaringan ini adalah kejujuran untuk menyampaikan hasil sebagaimana adanya, ketelitian, toleransi terhadap berbagai perbedaan sudut pandang/pendapat, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, serta dapat mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.
Prasyarat
Berdasarkan peta kedudukan bahan ajar yang disampaikan diatas, terdapat beberapa persyaratan mata pelajaran pendukung yang perlu dipahami untuk membantu mempelajari buku ini, diantaranya pada blok C2 mata pelajaran pendukungnya adalah Sistem Operasi, Jaringan Dasar dan Perakitan Komputer, sedangkan pada blok C1 ada mata pelajaran Fisika, Sistem Komputer dan Pemrograman Dasar.
Petunjuk Penggunaan
Buku Siswa ini disusun berdasarkan pedoman pada Kurikulum 2013 dengan metode pembelajaran saintifik. Ada dua Bab dalam buku ini, yakni bab 1 yang berisi pendahuluan yang menjelaskan tentang buku ini secara umum termasuk penjelasan materi ini. Pada bab 2 akan diberikan materi inti pada buku ini terkait dengan pelajaran Sistem Operasi Jaringan.
Pada bab 2 akan ada 20 kegiatan belajar (KB) dengan masing-masing kegiatan belajar memiliki poin-poin pembahasan berupa tujuan, uraian materi (teori dan juga praktik), rangkuman, tugas dan tes formatif.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Poin ini merupakan gambaran kemampuan (kompetensi) yang diharapkan dapat diperoleh siswa setelah mempelajari buku ini. Kompetensi inti menunjukkan gambaran Standar Kualitas Lulusan (SKL) dalam bentuk agama/keyakinan, sikap, pengetahuan dan penerapannya.
Kualitas ini menunjukkan perlunya keseimbangan antara kemampuan hard skill (pengetahuan dan penerapannya) dan soft skill (agama/keyakinan dan sikap) dalam pencapaian target SKL.
Pengembangan soft skill pada siswa akan dilakukan secara tidak langsung (indirect learning) karena tidak merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam pembelajaran pengetahuan dan penerapannya.
Cek Kemampuan Awal
Buku teks pelajaran ini digunakan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers-centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student-centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL.
Buku teks Sistem Operasi Jaringan ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.
Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringanini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.
Deskripsi
Sistem Operasi Jaringan merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Paket keahlian ini adalah bagian dari program studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika. Berdasarkan struktur Kurikulum 2013 mata pelajaran ini diberikan pada kelas XI semester 1, 2 dan kelas XII semester 1.
Secara umum ada 5 langkah yang tercantum dalam metode pembelajaran saintifik ini, yakni mengamati, menanya (hipotesis). Pada saat mengamati siswa diharapkan dapat menunjukkan kesungguhan dan ketelitiannya dalam menggali informasi yang terkait dengan materi yang akan dipelajari. Pada saat menanya siswa diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas, rasa ingin tahu, dan berpikir kritis untuk merumuskan pertanyaannya. Kegiatan bertanya ini selain untuk merumuskan pertanyaan juga dilakukan pengumpulan informasi/materi terkait dengan pelajaran saat ini.
Selanjutnya pada tahap menalar, siswa diharapkan dapat secara teliti, jujur, disiplin, taat aturan, kerja keras dan mampu bekerja sesuai prosedur dan berpikir induktif serta deduktif dalam menarik kesimpulan dari permasalah/materi yang dipelajari. Pada tahapan pembentukan jaringan ini dilakukan dengan berkomunikasi. Komunikasi dilakukan dengan menyampaikan hasil pengamatan hingga kesimpulan yang didapat dari pembelajaran kepada siswa lainnya baik secara lisan, tertulis atapun melalui media lainnya. Sikap yang ingin dikembangkan pada siswa terkait dengan pembentukan jaringan ini adalah kejujuran untuk menyampaikan hasil sebagaimana adanya, ketelitian, toleransi terhadap berbagai perbedaan sudut pandang/pendapat, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan singkat dan jelas, serta dapat mengembangkan kemampuan berbahasa yang baik dan benar.
Prasyarat
Berdasarkan peta kedudukan bahan ajar yang disampaikan diatas, terdapat beberapa persyaratan mata pelajaran pendukung yang perlu dipahami untuk membantu mempelajari buku ini, diantaranya pada blok C2 mata pelajaran pendukungnya adalah Sistem Operasi, Jaringan Dasar dan Perakitan Komputer, sedangkan pada blok C1 ada mata pelajaran Fisika, Sistem Komputer dan Pemrograman Dasar.
Petunjuk Penggunaan
Buku Siswa ini disusun berdasarkan pedoman pada Kurikulum 2013 dengan metode pembelajaran saintifik. Ada dua Bab dalam buku ini, yakni bab 1 yang berisi pendahuluan yang menjelaskan tentang buku ini secara umum termasuk penjelasan materi ini. Pada bab 2 akan diberikan materi inti pada buku ini terkait dengan pelajaran Sistem Operasi Jaringan.
Pada bab 2 akan ada 20 kegiatan belajar (KB) dengan masing-masing kegiatan belajar memiliki poin-poin pembahasan berupa tujuan, uraian materi (teori dan juga praktik), rangkuman, tugas dan tes formatif.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Poin ini merupakan gambaran kemampuan (kompetensi) yang diharapkan dapat diperoleh siswa setelah mempelajari buku ini. Kompetensi inti menunjukkan gambaran Standar Kualitas Lulusan (SKL) dalam bentuk agama/keyakinan, sikap, pengetahuan dan penerapannya.
Kualitas ini menunjukkan perlunya keseimbangan antara kemampuan hard skill (pengetahuan dan penerapannya) dan soft skill (agama/keyakinan dan sikap) dalam pencapaian target SKL.
Pengembangan soft skill pada siswa akan dilakukan secara tidak langsung (indirect learning) karena tidak merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam pembelajaran pengetahuan dan penerapannya.
Cek Kemampuan Awal
- Apa yang dimaksud dengan sistem operasi
- Sebutkan jenis-jenis sistem operasi yang diketahui
- Apa yang dimaksud dengan variabel dalam konsep pemrograman
- Apa yang dimaksud dengan proses pada sistem operasi
- Sebutkan komponen komputer yang termasuk perangkat input dan output
Download Buku SMK TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2 ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:Buku SMK TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI
Download File:
Buku SMK TKJ Sistem Operasi Jaringan XI-1.pdf
Buku SMK TKJ Sistem Operasi Jaringan XI-2.pdf
Sumber:http://psmk.kemdikbud.go.id
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share fileBuku SMK TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2. Semoga bisa bermanfaat.
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share fileBuku SMK TKJ Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 dan 2. Semoga bisa bermanfaat.
Comments