Manual Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0

Berikut ini adalah berkas Manual (Petunjuk Penggunaan) Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0. Download file PDF.

Manual Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0
Manual Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0

Manual Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Manual (Petunjuk Penggunaan) Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0:

Penjelasan AplikasiAplikasi Dapodik PAUD adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan penjaringan Data Pokok Pendidikan Usia Dini Pendidikan Masyarakat (PAUD-DIKMAS) yang terintegrasi sehingga dapat digunakan oleh entitas satuan pendidikan pemerintahan dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tanggung Jawab dan Keberhasilan DataBerdasarkan undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pemanfaatan Teknologi informasi dan Transaksi Elektronik dilaksanakan berdasarkan asas kepastian hukum, manfaat, kehati-hatian, iktikad baik, dan kebebasan memilih teknologi atau netral teknologi. Pemanfaatan Teknologi informasi dan Transaksi Elektronik. Dilaksanakan dengan tujuan untuk:
  1. mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia
  2. mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  3. meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik
  4. membuka kesempatan seluas-luasnya kepada setiap orang untuk memajukan pemikiran dan kemampuan dibidang penggunaan dan pemanfaatan Teknologi informasi seoptimal mungkin dan bertanggung jawab
  5. memberikan rasa aman, keadilan, dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara Teknologi informasi.

Sepanjang tidak ditentukan lain oleh undang-undang tersendiri, setiap Penyelenggara Sistem elektronik wajib mengoperasikan sistem elektronik yang memenuhi persyaratan minimum sebagai berikut :
  1. dapat menampilkan kembali informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik secara utuh sesuai dengan masa retensi yang ditetapkan dengan Peraturan Perundang-undangan.
  2. dapat melindungi ketersediaan, keutuhan, keotentikan, kerahasiaan, dan keteraksesan Informasi Elektronik dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik tersebut.
  3. dapat beroperasi sesuai dengan prosedur atau petunjuk dalam penyelenggaraan sistem elektronik tersebut.
  4. dilengkapi dengan prosedur atau petunjuk yang diumumkan dengan bahasa, informasi, atau symbol yang dapat dipahami oleh pihak yang bersangkutan dengan penyelenggaraan sistem elektronik tersebut dan memiliki mekanisme yang berkelanjutan untuk menjaga kebaruan, kejelasan, dan kebertanggung jawaban prosedur atau petunjuk.

Peran Pengguna AplikasiBeberapa peran terkait Aplikasi Dapodik PAUD-Dikmas seperti berikut:
  1. Peran Kepala Sekolah adalah sebagai pembagi guru mengajar disetiap rombel (roaster), mengawasi operator satuan pendidikan dalam pengisian aplikasi.
  2. Peran PTK adalah selain sebagai pengajar dan pelaksana, juga bertugas untuk mengisi formulir individual PTK dan mengecek kebenaran dan kelengkapan data individu yang dientri oleh operator.
  3. Peran Peserta Didik adalah mengisi formulir Peserta Didik dimana formulir diserahkan kepada orang tua untuk diisi secara lengkap. Peran Operator Satuan pendidikan adalah: a) Menyebarkan formulir pendataan kepada Satuan pendidikan, PTK, dan Peserta Didik dalam rangka mendapatkan data untuk dientri kedalam aplikasi.b) Mengentri data sesuai dengan data yang terisi di formulir pendataan. c) Mengirim data ke server melalui aplikasi.

Spesifikasi Minimal Komputer (Hardware)
Untuk dapat menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas, spesifikasi perangkat keras yang diperlukan adalah:
  1. Processor minimal Pentium IV
  2. Memory minimal 512 MegaByte
  3. Storage tersisa minimal 100 MegaByte

Spesifikasi Minimal Software (Operating System)Untuk menjalankan Aplikasi Dapodik PAUD, spesifikasi perangkat lunak yang diperlukan adalah:

Operating Sistem
  1. Windows XP SP 3
  2. Windows Vista
  3. Windows 7 32 & 64 Bit d) Windows 8 32 & 64 Bit
  4. Windows 8.1 32 & 64 Bit

Browser
  1. Google Chrome (Sangat Disarankan dan Bersih dari plugins-plugins)
  2. Opera
  3. Mozila Firefox

    Download Manual (Petunjuk Penggunaan) Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Manual (Petunjuk Penggunaan) Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Manual Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0



    Download File:

    Manual Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0.pdf
    Pedoman Dapodik PAUD 2018.pdf

    Sumber: https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Manual (Petunjuk Penggunaan) Aplikasi Front-End Dapodik PAUD Versi 3.3.0. Semoga bisa bermanfaat.

    Comments