Buku Siswa dan Guru Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Berikut ini adalah berkas Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk Siswa dan Guru Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan. Download file format PDF.

Buku Siswa dan Guru Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Buku Siswa dan Guru Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Buku Siswa dan Guru Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Siswa dan Guru Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan:

Buku teks yang berbasis aktivitas ini disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan yang sangat mengedepankan pada pencapaian kompetensi siswa sesuai standar kelulusan yang ditetapkan.

Karena hanya sebagai salah satu penunjang, peserta didik maupun guru diharapkan tidak menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku teks yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Buku ini lebih sebagai buku aktivitas siswa yang masih membutuhkan buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah sebagai penunjang, mengingat buku-buku tersebut memang didisain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lainnya yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya. 

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan Buku Siswa sebelumnya, berdasarkan kesepakatan para penulis dan pihak Puskurbuk, Buku Siswa kali ini tidak dilengkapi dengan lembar latihan. Hal ini dilakukan agar guru lebih memaksimalkan kegiatan dan latihan-latihan sepanjang kandungan buku siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan bukannya meloncat langsung pada latihan-latihan penyelesaian soal. Jika diperlukan, guru juga dapat berkreasi sendiri membuat soal-soal latihan dan bahan-bahan penilaian yang diperlukan sesuai kondisi peserta didik.

Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III
  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa untuk belajar.
  3. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan sebagaimana yang dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
  4. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru, atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  5. Buku Kelas III terdiri atas delapan (8) tema. Setiap tema terdiri atas empat (4) subtema. Setiap subtema diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Penjelasan lebih rinci tentang aktivitas pembelajaran dituangkan pada Buku Guru.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna yang diterjemahkan melalui sub-judul berdasarkan pendekatan saintifik sebagai berikut: - Mengamati : Ayo mengamati, Ayo membaca, - Mencoba : Ayo mencoba, Ayo berlatih, Ayo berkreasi, Ayo bernyanyi, Ayo menari, Ayo bermain peran, - Menalar : Ayo berdiskusi, - Mengomunikasikan : Ayo bercerita, Ayo menulis.
  7. Buku ini bersifat serba-mencakup (self contained) agar dapat digunakan oleh siswa secara mandiri di rumah.
  8. Buku Siswa berbasis kegiatan (activity based), sehingga memungkinkan bagi siswa dan guru untuk melengkapi dan memperkaya materi dari berbagai sumber.
  9. Di setiap akhir pembelajaran, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul Kegiatan Bersama Orang Tua. Kolom ini berisi aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah. Orang tua diharapkan terlibat aktif dalam proses belajar siswa sesuai pengalaman yang dimilikinya.
  10. Pada setiap akhir subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon �Sekarang Aku Bisa�. Lembar ini merupakan penilaian pada diri sendiri yang bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.

Daftar Isi Materi pada Buku Siswa dan Guru Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan:
  • Subtema 1 - Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
  • Subtema 2 - Manfaat Hewan bagi Kehidupan Manusia
  • Subtema 3 - Menyayangi Tumbuhan
  • Subtema 4 - Menyayangi Hewan

Download Buku Siswa dan Guru Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Siswa dan Guru Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

Buku Siswa Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan



Download File:

Buku Guru SD/MI Kelas 3 Tema 2 2018 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan.pdf
Buku Siswa SD/MI Kelas 3 Tema 2 2018 - Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan.pdf


Lebih lengkap silahkan download buku lainnya terkait dengan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk Guru dan Siswa Revisi 2018 SD/MI Kelas 3 Kurikulum 2013:
Download Buku Guru dan Siswa Kelas 3 SD - MI Kurikulum 2013 Revisi 2018

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk Siswa dan Guru Revisi 2018 SD MI Kelas 3 Tema 2 - Menyayangi Tumbuhan dan Hewan. Semoga bisa bermanfaat.

Comments