Buku Korespondensi SMK MAK Kurikulum 2013

Berikut ini adalah berkas Buku Korespondensi SMK MAK Kelas X Semester 1 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kurikulum 2013. Download file format PDF. Buku ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, dan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Buku Korespondensi SMK MAK Kurikulum 2013
Buku Korespondensi SMK MAK Kurikulum 2013

Buku Korespondensi SMK MAK Kurikulum 2013

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Korespondensi SMK MAK Kelas X Semester 1 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kurikulum 2013:

Pendahuluan
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan dan keterampilan secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan, dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Semua mata pelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut.

Pembelajaran kelas X jenjang Pendidikan Menengah Kejuruan yang disajikan dalam buku ini juga tunduk pada ketentuan tersebut. Buku siswa ini diber isi materi pembelajaran yang membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterapilan dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasai secara kongkrit dan abstrak, dan sikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharuskan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Deskripsi
Bahan ajar ini membahas tentang mata pelajaran Korespondensi diperuntukan bagi Sekolah Menengah Kejuruan, khususnya kelompok bisnis dan manajemen. Mata pelajaran ini merupakan pengetahuan dasar komunikasi dan surat-menyurat, sehingga dapat berkomunikasi secara lancar, baik lisan maupun tulisan, dalam kehidupan organisasi di lingkungan pekerjaan kantor.

Komunikasi adalah proses penyampaian informasi yang berupa berita, ide, pesan, gagasan, kesan atau maksud yang lain dari pengirim pesan (komunikator kepada penerima pesan (komunikan). Pengirim dan penerima pesan dalam hal ini dapat bertindak selaku pribadi/perseorangan, dapat pula mewakili lembaga. Berkat kemajuan teknologi, komunikasi ini dipermudah dan diperlancar melalui pesawat telepon.

Bahan ajar ini membahas dasar-dasar komunikasi yang terdiri dari pengertian dan komponen-komponen, proses komunikasi, faktor keberhasilan dan penghambat komunikasi, serta fungsi media komunikasi. Di samping itu membahas juga tentang prinsip-prinsip teknik komunikasi berisi tentang faktor yang paling utama dalam berbicara, pengertian dan macam-macam prinsip berbicara, persiapan penyajian komunikasi lisan, teknik berbicara efektif, daftar kecakapan berbicara, berkomunikasi lisan secara efektif.

Penanganan telepon merupakan salah satu kemampuan atau sub kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang sekretaris dan merupakan bagian integral dari penguasaan sub-sub kompetensi seorang sekretaris.

Untuk itu bahan ajar ini juga membahas tentang pengoperasian pesawat telepon, etiket penanganan telepon, menerima telepon, menelepon, dan hambatan-hambatan dalam penanganan telepon.

Pada bahan ajar korespondensi ini dibatasi pada komunikasi lisan dan tulisan. Peranan komunikasi tertulis, yang berisi tentang dasar surat-menyurat, jenis-jenis surat, bagian-bagian surat, bentuk-bentuk surat, perlengkapan dan teknik melipat surat. Dan juga membahas tentang bahasa surat yang benar dalam surat pribadi dan surat dinas, petunjuk menulis surat pribadi, surat dinas dan dasar-dasar surat niaga.

Bahan ajar ini dilengkapi dengan tugas berupa latihan-latihan dan evaluasi formatif.

Prasyarat
Sebelum mempelajari bahan ajar ini peserta didik harus memiliki kemampuan awal atau penguasaan tentang keterampilan berkomunikasi secara umum dan telah dapat menggunakan bahasa yang komunikatif dan penggunaan ejaan yang benar.

Bahan ajar yang harus dikuasai dengan tuntas seperti materi Bahasa Indonesia, khususnya yang membahas tentang penggunaan bahasa yang komunikatif, penggunaan ejaan yang benar, akan lebih baik jika didukung penguasaan bahasa asing.

Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar
Peserta Didik
  1. Bacalah dengan cermat bahan ajar ini dan pahami dengan baik daftar pertanyaan pada �cek kemampuan� sebagai pengukur yang harus dikuasai dalam bahan ajar ini.
  2. Diskusikan dengan sesama peserta didik apa yang telah Anda cermati untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang tujuan belajar dan kompetensi yang ingin dicapai dalam bahan ajar ini. Bila masih ragu, maka tanyakan kepada guru/instruktur sampai paham.
  3. Bila proses memahami materi Anda mendapatkan kesulitan, diskusikan dengan teman-teman Anda atau konsultasikan dengan guru/instruktur.
  4. Kerjakan tugas-tugas, baik secara individu ataupun kelompok dengan jujur dan teliti serta bertanggungjawab.
  5. Peserta didik tidak dibenarkan melanjutkan ke kegiatan belajar berikutnya, bila belum menguasai secara tuntas materi pada kegiatan belajar sebelumnya.
  6. Untuk kegiatan praktek diharapkan peserta didik selalu membaca dan memahami teori yang mendukung materi praktek.
  7. Perhatikan tentang alat-alat untuk kegiatan praktek, termasuk tentang keselamatan kerja dalam menggunakan alat-alat praktek.
  8. Setelah semua bahan ajar untuk mencapai satu kompetensi telah tuntas dipelajari, maka ajukan uji kompetensi

Guru
  1. Informasikan tentang bagaimana cara menggunakan bahan ajar, cara pembelajaran, cara penilaian, alat yang digunakan dan waktu yang dibutuhkan.
  2. Berilah bimbingan kepada peserta didik bila mereka mendapatkan kesulitan.
  3. Monitor dan catat kemajuan peserta didik dan berikan feedback atas pencapaian pembelajaran peserta didik.
  4. Selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetaplah berada di dalam kelas/tempat belajar.
  5. Untuk kegiatan praktek, gunakan sarana dan alat-alat yang disesuaikan dengan materi ajar, dapat dilakukan di kelas, tetapi jauh lebih baik jika menggunakan laboratorium kantor untuk kegiatan tersebut.

Tujuan Akhir
Setelah menyelesaikan pembelajaran bahan ajar korespondensi peserta didik diharapkan mampu:
  1. Menjelaskan pengertian dan komponen komunikasi
  2. Memahami proses komunikasi
  3. Menjelaskan media komunikasi
  4. Memahami jenis dan prinsip-prinsip komunikasi
  5. Menerapkan etika dan kepribadian
  6. Menerapkan etiket kantor
  7. Menerapkan Telepon
  8. Memahami Telepon Conference
  9. Menerapkan PABX dan Faksimile
  10. Memahami Voice Over Internet Protocol (VOIP)
  11. Menerapkan penggunaan SLI/SLJJ
  12. Menerapkan etiket bertelepon
  13. Memahami peranan komunikasi tertulis
  14. Membuat contoh teknik melipat surat
  15. Menjelaskan bentuk-bentuk surat
  16. Memahami bahasa dalam surat pribadi dan surat dinas
  17. Menerapkan petunjuk menulis surat pribadi
  18. Memahami dasar-dasar surat niaga

Kompetensi
Kompetensi mata pelajaran korespondensi pada paket keahlian Administrasi Perkantoran kelas X semester I adalah: dasar-dasar komunikasi kantor dan tatalaksana posedur pembuatan surat/naskah/dokumen.

      Download Buku Korespondensi SMK MAK Kurikulum 2013

      Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Korespondensi SMK MAK Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kurikulum 2013 ini silahkan lihat preview salah satu buku dan unduh buku lainnya pada link di bawah ini:

      Buku Korespondensi SMK MAK Kurikulum 2013



      Download File:
      Buku SMK K13 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen - Korespodensi 1.pdf
      Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

      Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Korespondensi SMK MAK Kelas X Semester 1 Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kurikulum 2013. Semoga bisa bermanfaat.

      Comments